Minggu, 26 Agustus 2012

Laporan KKN Tematik Unila - Desa Sukaraja, Pesawaran

A.    Latar Belakang
Pendidikan pada dasarnya merupakan proses pendewasaan dan pemandirian manusia secara sistematis, agar siap menjalani kehidupan secara bertanggung jawab. Menjalani kehidupan secara bertanggungjawab berarti berani mengambil keputusan yang bijaksana sekaligus berani menanggung segala konsekuensi yang ditimbulkannya.
Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 20 ayat 2 dinyatakan:  “Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat”. Pada pasal 24 ayat 2 disebutkan: “Perguruan tinggi memiliki otonomi untuk mengelola sendiri lembaganya sebagai pusat penyelenggaraan pendidikan tinggi, penelitian ilmiah, dan pengabdian masyarakat”.
Ketiga aspek dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi tersebut dilaksanakan dengan proporsi yang seimbang, harmonis, dan terpadu dengan harapan agar kelak para lulusan Perguruan Tinggi dapat menjadi manusia yang berilmu pengetahuan, memadai dalam bidang masing-masing, mampu melakukan penelitian, dan bersedia mengabdikan diri demi kemaslahatan umat manusia pada umumnya dan masyarakat Indonesia pada khususnya. Untuk mempraktekkan ilmu dan menerap-kan hasil penelitian yang dilakukan oleh civitas akademika, maka perlu suatu media yang mendukung.
Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah suatu kegiatan intrakurikuler yang memadukan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan metode pemberian pengalaman belajar dan bekerja kepada mahasiswa dalam kegiatan pemberdayaan masyarakat. KKN juga merupakan wahana penerapan serta pengembangan ilmu dan teknologi, dilaksanakan di luar kampus dalam waktu, mekanisme kerja, dan persyaratan tertentu. Oleh karena itu, KKN diarahkan untuk menjamin keterkaitan antara dunia akademik-teoritik dan dunia empirik-praktis. Dengan demikian akan terjadi interaksi sinergis, saling menerima dan memberi, saling asah, asih, dan asuh antara mahasiswa dan masyarakat.
Kegiatan KKN Tematik Universitas Lampung 2011 khususnya di Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran terbagi menjadi 13 kelompok, salah satunya adalah di desa Sukaraja. Anggota kelompok KKN di desa ini berjumlah 11 orang mahasiswa FKIP yang terdiri atas 5 laki-laki dan 6 perempuan. Kelompok kami akan menjalankan tugas dan program selama 40 hari sesuai dengan tema yaitu Pembinaan Karakter Secara Dini Anak Usia Sekolah dalam Rangka Mengembangkan Budaya Kearifan Lokal, dengan 3 subtema yaitu : (a) bidang olahraga dan kesenian ; (b) bimbingan belajar berwawasan lingkungan; (c) pengembangan sikap toleransi dan gotong royong.
Setelah mengikuti pembekalan selama satu minggu, kami dilepas secara resmi oleh Gubernur Lampung pada tanggal 30 Juni 2011di GSG Universitas Lampung. Namun, kami diberangkatkan dari Universitas Lampung menuju lokasi KKN, desa Sukaraja pada tanggal 1 Juli 2011. Di desa Sukaraja ini kami bertempat tinggal di Dusun Sukaraja V. Sebelum menyusun program kerja, kami melakukan survey, observasi, dan wawancara kepada aparatur desa dan masyarakat setempat untu mengetahui gambaran umum desa serta permasalahannya.
Desa Sukaraja adalah salah satu desa yang ada di kecamatan Gedongtataan, Kabupaten Pesawaran. Desa ini merupakan pusat kecamatan Gedongtataan dan juga tempat di mana Kantor Bupati Pesawaran berada. Desa ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 7.305 jiwa dengan luas daerah 525 ha, sekitar  23,56 % dari jumlah penduduk merupakan anak usia sekolah. Sebagian besar dari anak usia sekolah tersebut  (97%) mereka memperoleh pendidikan formal dari jenjang PAUD sampai dengan SMA sederajat, tetapi pendidikan moral dan kearifan pemahaman kearifan local yang dimiliki oleh mereka tergolong rendah. Hal ini terlihat dari kurangnya kegiatan untuk mengembangkan sikap toleransi, gotong royong, dan kebersamaan.  Selain itu sebagian anak usia sekolah cenderung individualis dan kurang bersosialisasi dengan teman sebayanya.
Oleh karena itu kami berupaya untuk meminimalisir perasalahan tersebut dengan melaksanaan program-program yang kami rumuskan bersama dengan berbagai pertimbangan dan masukan dari tokoh masyarakat maupun tokoh agama di desa sukaraja.



B.     Tujuan
Tujuan KKN Tematik Universitas Lampung 2011 di desa Sukaraja adalah sebagai berikut.
1.      Pembinaan anak usia sekolah dalam bidang olahraga dan kesenian.
2.      Membentuk karakter anak  usia sekolah untuk mencintai lingkungan.
3.      Mengembangkan sikap toleransi dan gotong royong secara dini kepada anak usia sekolah.

C.    Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Kegiatan KKN Tematik Universitas Lampung 2011 ini diadakan selama 40 hari yang dimulai dari tanggal 1 Juli 2011 sampai dengan 10 Agustus 2011, yang bertempat di Desa Sukaraja, Kecamatan Gedongtataan, Kabupaten Pesawaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar